Jumat, 16 September 2011

RENUNGAN (17 september 2011)


Kerendahan Hati
Bacaan hari ini: Lukas 14:7-11
“Sebab barangsiapa meninggikan diri, ia akan direndahkan dan barangsiapa merendahkan diri, ia akan ditinggikan.” (Lukas 14:11)

Pada zaman itu, tempat duduk untuk tamu yang terhormat terletak di sebelah tuan rumahnya. Jika kita baca perikop singkat ini, kita akan mendapat gambaran bahwa ada orang-orang yang berlomba untuk duduk di tempat kehormatan tersebut. Yesus mengecam perbuatan seperti itu karena Yesus tahu apa yang tersembunyi di dalam hati mereka. Mereka sedang meninggikan diri mereka sendiri.

Lawan kata dari tinggi hati adalah rendah hati. Orang yang rendah hati berarti orang yang menghargai dirinya sesuai apa adanya ia, tidak lebih dan tidak kurang, dan tidak merendahkan orang lain. Rendah hati adalah buah dari hidup orang percaya dan harus melekat di dalam dirinya. Sama seperti Kristus yang rendah hati, seharusnya kita juga menjadi serupa dengan-Nya (Filipi 2:8).

Aspek sosial dari kerendahan hati ini akan mempengaruhi seorang pelayan dalam dua hal. Pertama, memandang orang lain lebih utama. Yang kedua, mengutamakan orang lain. Sebenarnya setiap orang percaya sama berharganya di mata Tuhan, dan juga merupakan manusia berdosa. Jika seorang Kristen memiliki sesuatu, itu semua karena anugerah dari Tuhan, sehingga tidak ada alasan bagi seseorang untuk menjadi sombong. Dalam kehidupan bergereja, ada banyak sekali keberagaman dari latar belakang budaya, ekonomi, pendidikan, suku, karakter, karunia rohani, pola pikir dan masih banyak lagi. Perbedaan tersebut akan menjadi potensi yang besar untuk menyulut perselisihan dan perpecahan di dalam tubuh Kristus, jika masing-masing pribadi ingin menonjolkan kepentingannya sendiri dan merasa diri, lebih unggul dari yang lain. Dalam hal ini, rendah hati menjadi perekat yang efektif.

Untuk menjadi rendah hati, tidaklah mudah. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menundukkan diri kepada Allah dalam Kristus, sehingga Roh Kudus akan memampukan kita untuk melewati proses ini. Proses ini memerlukan kerjasama antara Tuhan dengan kita. Maukah Anda menjadi serupa dengan Kristus dan menjadi orang yang rendah hati?

STUDI PRIBADI: Apakah merendahkan diri sama dengan rendah diri? Lalu, apakah artinya merendahkan diri? Berikan contoh sikap seorang yang merendahkan diri!
DOAKAN BERSAMA: Berdoa bagi setiap orang Kristen yang melayani Tuhan agar mereka menjadi pribadi yang meninggikan Tuhan bukan meninggikan diri mereka sendiri; dan mampu menjadi pribadi yang mengutamakan orang lain. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar