Jumat, 16 September 2011

RENUNGAN (30 september 2011)

Alkitab: Firman Allah

Bacaan hari ini: 2 Timotius 3:15-17
“Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.” (2 Timotius 3:16)

Kehidupan kita sebagai orang Kristen sangat membutuhkan Alkitab; bukan karena kita tidak mempunyai kepandaian atau pengalaman hidup, tetapi karena Alkitab adalah firman Allah. Isi Alkitab, bukan sebagian berisi firman Allah dan sebagian lainnya bukan; atau beberapa kitab adalah karya Allah, sebagian lagi karya manusia. Tidaklah demikian! Alkitab adalah firman Allah, karena:

Pertama, Alkitab diilhamkan oleh Allah sendiri. Dalam bahasa Yunani, kata “diilhamkan,” memakai kata “theopneustos,” yang secara literal berarti “dinafaskan oleh Allah.” Pengertian istilah ini menunjukkan bahwa Alkitab dalam bentuk awalnya (autographa) adalah hasil atau produk dari pengilhaman Allah. Karena itu, muncul sebuah istilah yang menjelaskan hal ini, yaitu “what scripture says, God says” (apa yang Alkitab katakan, itu juga yang dikatakan Allah). Dalam Alkitab, ungkapan “Allah berkata” dan “Alkitab berkata” dipakai secara bergantian (misalnya dalam Kej. 12:3 dan Gal. 3:8; Kel. 9:16 dan Rm. 9:17; Kej. 2:24 dan Mat. 19:4-5; Mzm. 16:10 dan Kis. 13:35; Mzm. 104:4 dan Ibr. 1:7).

Kedua, sekalipun Alkitab ditulis oleh manusia dari latar belakang yang berbeda, tetapi apa yang mereka hasilkan (Alkitab) adalah karya Allah, atau firman Allah yang menyatakan kehendak-Nya bagi keselamatan manusia (bdk. 2Ptr. 1:20-21). Alkitab (PL dan PB) bukan rekayasa manusia, tetapi firman Allah, karena ide yang tertuang dalam Alkitab memiliki satu gagasan utama dan satu kesatuan, yaitu karya penebusan yang dikerjakan oleh Kristus. Tidak mungkin, dari era yang berbeda dan konteks kehidupan yang berbeda, dapat terjalin gagasan yang harmoni dan kontiniu yang dihasilkan manusia, kecuali jika Allah yang berada di baliknya.

Jadi, karena Alkitab adalah firman Allah, maka Alkitab adalah penuntun yang dapat dipercaya bagi kehidupan kita. Mulailah membaca Alkitab dan merenungkannya, sehingga kita beroleh petunjuk yang benar dan tuntunan hidup yang berguna, sesuai kehendak Allah. Jadikanlah Alkitab bacaan kesukaan kita, agar kita menjadi bijak.

STUDI PRIBADI: Mengapa Alkitab adalah firman Allah? Bukanlah Alkitab ditulis sendiri oleh manusia? Jelaskan! Apa manfaat kita merenungkan firman Allah?
DOAKAN BERSAMA: Berdoalah bagi jemaat Tuhan agar mereka rajin membaca Alkitab sehingga memimpin mereka kepada kebenaran, dan mereka pun hidup memuliakan Tuhan dan menyenangkan hati Tuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar